Sabtu, 21 Mei 2011

Baca Berita di Tablet Lebih Mudah Lupa


NEW YORK - Sebuah studi terhadap pengguna tablet PC mengungkapkan bahwa mereka lebih mengingat detil sebuah berita ketika membacanya di suratkabar sungguhan ketimbang lewat tablet.

Studi yang dilakukan oleh perusahaan Prancis Miratech itu menemukan bahwa pembaca lebih sering hanya membaca artikel secara singkat di tablet dibandingkan ketika membaca di suratkabar. Demikian seperti dilansir Cellular News, Sabtu (21/5/2011).

Pada penelitian ini, partisipan diminta membaca informasi yang sama dari suratkabar dan versi digitalnya di tablet, secara berurutan. Partisipan ini memang merupakan pengguna tablet, sehingga hasil studi tidak menimbulkan bias terkait kesulitan pembaca dalam mempelajari cara kerja perangkat pintar itu.

Pihak Miratech menggunakan teknologi eye tracking untuk mengikuti gerakan mata partisipan ketika membaca. Setelah mereka selesai membaca, tim peneliti kemudian mengukur seberapa baik ingatan partisipan terhadap artikel dan iklan-iklan yang dibaca.

Meski tidak terdapat perbedaan signifikan dari waktu membaca para partisipan, tim peneliti menemukan bahwa format suratkabar lebih memastikan pembaca berkonsentrasi dan mengingat artikel yang dibacanya.

Setelah membaca, peneliti mencatat hanya 70 persen pengguna tablet yang mampu mengingat artikel. Sementara, jumlah pembaca suratkabar yang mengingat artikel mencapai 90 persen.
(van)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar