Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) adalah
sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan
informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu
teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui
manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut. Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang
tidak lagi digunakan.
Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem dan
cara anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna yang
mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke
perilaku yang mereka picu pada sistem.
Karakteristik TUI:
1. Representasi fisik komputasi digabungkan dengan informasi digital yang mendasari.
2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual digabungkan dengan representasi digital secara aktif dimediasi.
4. Keadaan fisik tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital sistem.
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii,
seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media
Group. visi tertentu Nya bagi Tangible UIS adalah Bits Tangible, yiatu
memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit-bit nya dapat
di maniplulasi secara langsung dan terlihat jelas. Tangible bits
mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit
dan atom.
Jadi secara harfiah nya tangible user interface (TUI) adalah sebuah
system digital yang membuat sebuah benda menjadi nyata,dapat di sentuh
di raba dan memiliki bentuk.
Penerapan Tangible User Interface
- Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling sederhana adalah pada mouse.
Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer pada layar
yang sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital melalui
manipulasi objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat tersebut
memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem,
misalnya misalnya pointer bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse
maju. Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai
perangkat input dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
- Siftables
Merupakan perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki
bentuk menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface. Shiftable
memiliki jumlah lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta
berinteraksi satu sama lain tergantung pada posisinya. Shiftable yang
terpisah tahu kapan shiftable lain berada di dekat mereka dan bereaksi
sesuai dengan permainan user.
- Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi seni
untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan
suara dan menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana
satu set pucks dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan
(atau membawa mereka pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan
mereka satu sama lain, pemain dapat menggabungkan unsur-unsur yang
berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel atau elemen kontrol dalam
rangka menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi dan
mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan kedekatannya.
Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar,
memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di
Reactable, mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
- Microsoft Surface
Merupakan sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan
pengguna untuk berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama.
Yang menjadi perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika
disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat mengenali objek yang
ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku yang terkait
dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat memanipulasinya.
- Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface adalah Marble Answering
Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer
merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan
marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi
juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang
dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa
menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan
tersebut. Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa gambar di
atas meja sistem dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan
tangan, pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X
dan Y hanya sebagai salah satu program yang akan di cat. Sistem ini akan
mengintegrasikan kamera video dengan sistem pengenalan isyarat.
Sulit untuk melacak dan mengabaikan jumlah yang berkembang pesat dari
semua sistem dan alat, akan tetapi sebagian besar dari vendor tampaknya
hanya memanfaatkan teknologi yang tersedia dan terbatas dengan beberapa
eksperimen awal dan melakukan tes dengan beberapa ide dasar atau hanya
mereproduksi sistem yang telah ada. Beberapa dari vendor berkiprah pada
interface dan dikerahkan pada ruang publik atau lebih cenderung dalam
instalasi seni.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar