STRUKTUR ORGANISASIOrganisasi menurut StonerOrganisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama. Organisasi menurut James D. Mooney Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi Menurut Chester I. Bernard Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Organisasi adalah suatu wadah atau pun tempat dimana orang-orang dapat bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya organisasi kita akan menjadi kesulitan untuk melaksanakan suatu kerja sama, karena setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana cara bekerja sama dalam sebuah organisasi tersebut 1.Pengertian Organisasi Formal Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya. 2.Pengertian Organisasi Informal Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain. 3.Pengertian Organisasi dalam Arti Statis Organisasi statis adalah gambaran secara skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai sesuatu tujuan. 4.Pengertian Organisasi dalam Arti Dinamis Organisasi dinamis adalah setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Atau di singkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi suatu usaha. Ciri-ciri Organisasi Ciri-ciri Organisasi adalah: a.Adanya komponen (atasan dan bawahan) b.Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang) c.Adanya tujuan d.Adanya sasaran e.Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati f.Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas g.Organisasi bertambah besar h.Pengolahan data semakin cepat i.Penggunaan staf lebih intensif j.Kecendrungan spesialisasi k.Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi l.Unsur-unsur organisasi lebih lengkap Unsur-unsur Organisasi a.Manusia (Man) b.Kerjasama c.Tujuan Bersama d.Peralatan (Equipment) e.Lingkungan f.Kekayaan alam g.Kerangka/Konstruksi Mental Organisasi |
Kamis, 16 Desember 2010
struktur organisasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar